Para penemu Google


Web Google, awalnya adalah sebuah mesin pencari atau search engine. Sejak tahun 1998 hingga sekarang Perusahaan Google Inc. setahap demi setahap melangkah maju menjadi yang terdepan menjadi search engine terbaik dunia. Yang membedakannya dengan search engine yang lain adalah Google mencari lebih akurat, selalu mengurut hasil pencarian atas ke bawah berdasarkan popularitas. Tampilan web-nya pun selalu tampak sederhana, tanpa adanya iklan-iklan atau embel-embel lainnya.

Google mempunyai fasilitas selain search engine, seperti Gmail (e-mail), Blogger (web blog), Feedburner, Google Map, Google Translate, Browser Google Chrome dan lain-lain.

Siapa yang menemukan Google pertama kali? …

Tiada lain adalah dua orang pemuda biasa yang asalnya tidak terkenal sama sekali. Dua pemuda pintar ini bernama … Sergey Brin dan Larry Page. Kisah penemuan mereka membuat Google bagaikan film saja. Mereka dengan mantapnya melahirkan proyek Google hanya dari sebuah garasi rumah, sempat ditolak, sempat drop out, hingga akhirnya terpublikasikan di tahun 1998 dan terus melonjak popularitasnya di kalangan pengguna internet hingga sekarang. Sistem penemuan mereka ini pun menginspirasikan munculnya bisnis internet gaya baru yang juga sangat populer.

Inilah nama-nama orang dibalik kesuksesan Google

Sergey Brin, nama lengkap Sergey Mikhailovich Brin (Сергей Михайлович Брин) lahir di Moskow, Rusia, 21 Agustus 1973 dari pasangan Michael Brin and Eugenia Brin. Ayahnya seorang Profesor Matematika di Universitas Maryland dan Ibunya seorang periset di Badan Luar Angkasa Amerika Serikat NASA. Tahun 1990, Brin lulus dari SMA Eleanor Roosevelt. Ia kemudian diterima di Universitas Maryland, College Park dengan mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika kemudian mendapatkan gelar Bachelor of Science di tahun 1993.

Inilah Brin, dia masih sangatlah muda kan? Muda dan sukses, pintar dan kaya raya …. namun di balik itu semua, ia masih terus mengembangkan inovasi di bidang ilmu pengetahuan, tidak suka kemewahan yang berlebihan. Namanya juga ilmuwan.

Brin kemudian meneruskan pendidikan di bidang ilmu komputer di Universitas Stanford melalui beasiswa dari National Science Foundation, yang kemudian bertemu dengan dan bersahabat baik dengan Larry Page.

Bersama mereka melahirkan tulisan yang berjudul “The Anatomy of a Large Scale Hypertextual Web Search Engine”. Penemuan yang berasal dari komputer yang tidak terlalu canggih, dari dalam garasi rumah sewaan di Menlo Park milik Susan Wojcicki.

Inilah Susan Wojcicki, yang sekarang menjabat sebagai Wakil Presiden Manajemen Produksi yang bertanggung jawab di bidang pengiklanan, monetisasi produk macam AdWords, AdSense dan Google Analitik yang begitu terkenal bagi pebisnis online. Ternyata Susan pun punya latar belakang yang berhubungan dengan teknikal. Susan sebelum bergabung dengan Google, ia bekerja pada Intel sebagai Konsultan Manajemen Bain dan R.B. Webber & Company. Susan adalah lulusan dari Universitas Harvard, punya gelar Master dari Universitas California Santa Cruz dan gelar MBA dari Sekolah Manajemen Anderson di UCLA.

Kembali ke Brin …
Di tahun 1995, Brin menerima gelar Ph.D. Tahun 2003, Brin dan Larry menerima penghargaan berupa gelar MBA dari IE Business School karena telah menciptakan momentum baru dalam dunia bisnis terutama di bidang internet hingga sekarang.

Di tahun 2004 mereka menerima penghargaan Marconi Foundation (penghargaan tertinggi di bidang engineering) dan Fellows of the Marconi Foundation dari Universitas Columbia. Brin dan Larry menjadi 2 dari 32 orang pilihan yang terkenal di dunia dalam teknologi komunikasi saat itu. Di bulan Februari 2009, Brin masuk ke dalam penghargaan tertinggi National Academy of Engineering.

O ya, … Brin menikah dengan Anne Wojcicki di Bahama sekitar bulan Mei 2007. Anne adalah seorang analis biotek lulusan tahun 1996 dari Universitas Yale dengan gelar Bachelor of Science bidang Biologi. Anne adalah adik kandung Susan Wojcicki. Benar-benar keluarga ilmuwan …

Tahun 2008, Brin menyumbang dana yang sangat besar untuk Sekolah Kesehatan Universitas Maryland tempat di mana ibunya, Eugenia dirawat karena terkena penyakit Parkinson.

Investasinya ditanam untuk Tesla Motors demi mengembangkan proyek Tesla Roadster, kendaraan bertenaga baterai. Brin banyak muncul di banyak acara Televisi, seperti Charlie Rose, CNBC dan CNN. Brin dan Larry masuk dalam Young Global Leaders di World Economic Forums. Menariknya, mereka pun menjadi produser eksekutif film Broken Arrows.

Di bulan Juni 2008, Brin menyumbang dana sebesar $ 5 Juta untuk proyek Petualangan Luar Angkasa di Virgina. Proyek ini telah mengirim 5 turis untuk berpetualang terbang ke luar angkasa.

Brian dan Larry memiliki pesawat Boeing 767-200 untuk transportasi usaha, Jet Tempur Dornier dan 2 Jet Gulfstream V di Bandara Moffett Federal dengan peralatan pesawat dari NASA.

Brin sebagai penemu Google, ia sekarang menjabat sebagai Presiden Teknologi Google Inc.

Foto di atas adalah Larry Page, nama lengkapnya Lawrence Edward “Larry” Pagelahir di Lansing, Michigan, Amerika Serikat, 26 Maret 1973. Ia seorang ilmuwan komputer dan sebagai penemu Google, ia sekarang menjabat sebagai Presiden Produksi Google Inc (kedua).

Page adalah anak dari pasangan Dr. Carl Victor Page dan Gloria Page. Ayahnya seorang Profesor di bidang ilmu komputer dan artificial intelligence di Universitas Michigan dan Ibunya adalah guru pengajar program komputer di Universitas yang sama. Saudaranya Carl Victor Page Jr., adalah pendiri eGroups yang kemudian dijual ke perusahaan Yahoo! sekitar $ 500 ribu.

Page adalah lulusan dari SMA East Lansing. Ia kemudian memperoleh gelar Bachelor of Science dalam bidang Teknik Komputer dari Universitas Michigan dan gelar Master di bidang Komputer Sains dari Universitas Stanford. Di Universitas Stanford inilah ia bertemu dan bersahabat dengan Brin di sekitar bulan Maret 1995. Saat itu Brin melakukan orientasi dari suatu ilmu komputer di depan para mahasiswa yang di antaranya adalah Larry.

Di tahun 1998, Ia dan Brin meroket bersama penemuan fenomenalnya web search engine, Google. Sebuah program pencari yang sangat sederhana namun sangat membantu para pengguna internet. Anda bisa menemukan macam-macam yang anda ingin temukan di Google. Bertanya apa saja? Menemukan teman lama? Terjemahan bahasa? Buku-buku lama? Lirik lagu? Pertanyaan Bisnis? Pendidikan atau Tutorial? Belanja? Alamat? Atau alamat blog saya, mungkin? …

Demi mencari dana pengembangan proyek, Google sempat ditolak orang salahsatunya oleh Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Namun dengan kegigihan dan keberuntungan, terakhir penemuan mereka diterima oleh perusahaan Sun Microsystems yang memberi mereka dana sebesar $ 100 ribu demi pengembangan teknologi Google.

Hingga kini Google diperkirakan dibuka oleh 300 juta orang perhari, bisa diakses ke banyak bahasa dan dapat menolong mencarikan banyak hal kepada setiap orang yang membutuhkan bantuan.

Di tahun 2001, mereka merekrut Eric Schmidt untuk bergabung.

Eric Schmidt bertugas sebagai Chairman dan CEO meliputi strategi, manajemen dan pengembangan teknologi. Sebelumnya Eric berpengalaman selama 20 tahun di Novell, Sun Microsystems Inc, suatu perusahaan terkenal yang mengembangkan platform Java.

Kembali ke Larry … di bulan Desember tahun 2007, Larry menikah dengan Lucinda Southworth di Kepulauan Karibia, tepatnya di Pulau Necker.

Majalah PC menjadikan Google teratas dalam jajaran Top 100 Web Sites dan Search Engine (1998) dan memberi penghargaan Technical Excellence Award for Innovation Web Application Development pada Google (1999) . Tahun 2000 Google kembali menerima penghargaan Webby Award. Juga di tahun 2001 berturut-turut menerima penghargaan Outstanding Search Service, Best Image Search Engine, Best Design, Most Webmaster Friendly Search Engine dan Best Search Feature pada penghargaan search engine.

Di tahun 2007 berdasarkan data Forbes.com, Brin dan Page diperkirakan memiliki kekayaan sebesar $ 16,6 milyar lebih … dan menempatkan mereka pada rangking ke 26, dari daftar orang terkaya di dunia dengan umur yang relatif muda, yaitu 34 tahun.

Dua pemuda brilian ini sanggup mengubah dunia. Mereka tidak terlena pada kemewahan dan selalu terus mengembangkan ilmu dan teknologi yang berguna bagi banyak orang.

Kantor Google mereka namakan Googleplex. Berdiri di sebelah selatan pantai San Fransisco. Lewat majalah Fortune tahun 2007, Googleplex dinobati sebagai tempat bekerja terbaik di Amerika Serikat. Dengar-dengar tempat bekerjanya sangat nyaman, para pekerjanya begitu santai, seperti bekerja sambil bermain. Namun para pekerjanya ya diwajibkan untuk berkarya selalu. Untuk jadi pekerja di Google pun tidaklah mudah, anda harus diseleksi secara ketat. Dari sekian banyaknya pelamar, anda harus punya kemampuan di bidangnya seperti kalau anda ingin bekerja di NASA. Tempat bekerja idaman yang paling banyak diminati para pencari kerja …

Bagaimana dengan anda?? …

Ingin bekerja di sana? Ya … setidaknya di anak cabang perusahaan Google Inc., yang tersebar merata di seluruh penjuru dunia …

Sumber : http://treasuremaya.com/para-penemu-google/

About these ads

5 Comments

  1. ok juga.

  2. inspiratif banget kisahnya google. Ternyata banyak juga yg mulai dari garasi, google, amazon, you tube, dll

  3. wah saya nyusul ah bikin be’ol.inc

  4. ilmu saya jadi bertambah nih , maksih

  5. Do you have a spam issue on this blog; I also am a blogger,
    and I was curious about your situation; many of us have created some nice methods
    and we are looking to exchange methods with
    others, please shoot me an e-mail if interested.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.