AUDIT DAN PEMELIHARAAN KEAMANAN JARINGAN


1. Preventing

Preventing dilakukan untuk mencegah terhadap serangan yang membuka jaringan. Tool yang biasa digunakan untuk melakukan preventing ini adalah firewall.

2. Scanning Virus

Untuk menghindari kerusakan sistem yang fatal yang disebabkan oleh virus yang ada, maka perlu diadakan scanning virus dengan menggunakan antivirus. Setiap saat virus akan berkembang sehingga kita perlu mengupdate antivirus yang kita punya.

3. Monitoring

Monitoring dilakukan guna melihat traffic yang terjadi pada jaringan. Dengan monitoring kita bisa mengetahui apakah terjadi traffic yang tidak seperti biasa, karena apabila ada serangan pada sistem maka biasanya traffic akan langsung melonjak tingkat kesibukannya.

4. Detecting

Detecting dilakukan untuk menditeksi apakah usaha ataupun serangan yang bertujuan merusak sistem jaringan. Tool yang bisa digunakan untuk melakukan deteksi ini yaitu IDS.

5. Backup

Mengapa kita perlu mengadakan backup? Apabila sesuatu terjadi error pada sistem kita yang memang sudah fatasl maka kita diwajibkan untuk melakukan configurasi ulang atau restore. Untuk menghindari configurasi ulang yang membutuhkan waktu yang tidak singkat maka diadakan backup secara berkala (rutin). Sehingga apabila terjadi error tadi maka kita hanya perlu me-restore keadaan semula dengan menggunakan backup tadi.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s